KANTOR BERITA SWASTA
Rilis

Utamakan Kenyamanan Pelanggan, PT.DLU terapkan Protokol Covid-19

Salah satu Armada Angkutan Laut PT. Dharma Lautan Utama

Views

ANTARANEWS.id —  Batulicin — Di tengah menghadapi keterpurukan akibat pembatasan muatan kapal dan peniadaan mudik lebaran, PT Dharma Lautan Utama (DLU) masih mampu berbuat lebih untuk membantu pemerintah tanggulangi penyebaran virus Covid-19.

Adapun langkah-langkahnya melalui angkutan laut dan penyeberangan dengan melaksanakan protokol kesehatan sesuai arahan pemerintah.  Dilakukan di semua armada dan seluruh cabang serta kantor pusat. Bahkan, hal itu sudah dilakukan dari awal pemerintah menyatakan pandemi untuk wabah Corona. Antara lain, berjemur di paparan sinar Matahari setiap pagi jam 10.00 AM sekitar 15- 20 menit

Direktur Utama (Dirut) PT Dharma Lautan Utama (PT DLU), Erwin H Poedjono mengatakan,  manajemen yang digawanginya merespon cepat atas musibah yang dihadapi bangsa ini dari keganasan Covid-19 dengan menjalankan protokol kesehatan pencegahan virus tersebut.

Erwin menyebut hal yang dimulai dari memprotek seluruh sumber daya manusia (SDM) yang ada baik di darat maupun di kapal. Semua dengan menjaga imunitas dan melengkapi alat pelindung diri (APD) seperti yang di standarkan oleh pemerintah.

“Setiap SDM DLU diberikan vitamin untuk menjaga imunnya selain dilengkapi APD,” terang Erwin kepada ANTARANEWS.  Termasuk, “Rutinkan minum jus buah dan jamu tradisional untuk seluruh crew kapal.”

Masih menurut keterangan Erwin,  bahkan perusahaan mewajibkan seluruh pegawai minum-minuman yang telah disediakan baik jamu maupun jus secara rutin di absen. Juga mewajibkan berjemur setiap pukul 10.00 selama 15 menit sebelum melakukan aktivitas kerja.

Erwin mengatakan, dilakukan penyemprotan desinfektan seluruh ruangan, Tamu/karyawan melakukan prosedur pemeriksaan suhu tubuh, cuci tangan dan melewati chamber disinfektan.  Karyawan minum suplemen (ramuan tradisional, jus buah, vitamin C dan E) dan dilakukan absen,

Disediakan alat rapid test baik untuk karyawan darat maupun kapal. Terdapat banner informasi di ruang tunggu tentang protokol dan antisipasi COVID-19 oleh PT DLU, Safety News tentang COVID-19. Ada pemutaran video tentang kesiapan PT DLU dalam menghadapi COVID-19.

Memberi jarak kursi di ruang tunggu, Mengatur jarak antrian, Banner diruang tunggu tentang protokol dan antisipasi COVID-19 oleh PT DLU. Pemberlakuan jarak dan physical distancing, serta wajib menggunakan masker.

Kesiapan ambulance milik PT DLU, terminal Penumpang , petugas pelayanan menggunakan masker dan face shield.  Pemberian hand sanitizer di counter check in.

Pemeriksaan Kesehatan oleh tim medis, Pemeriksaan suhu tubuh dan pemberian hand sanitizer bagi pengemudi kendaraan.

“Kesemuanya yang dilakukan semata-mata untuk menjaga aset perusahaan, dan lebih dini mencegah penyebaran covid-19 itu sendiri,” tandas  Direktur Utama (Dirut) PT Dharma Lautan Utama (PT DLU), Erwin H Poedjono.

Begitu juga di kapal, Erwin mengaku telah melakukan langkah-langkah guna menjamin para penggunajasanya aman selama dalam pelayaran hingga tiba di tempat tujuan.

Gerak sehat olah raga ringan sebelum lakukan aktivitas kerja oleh SDM PT DLU.

“Dipastikan bahwa transportasi itu sendiri aman karena sudah dilakukan protokol kesehatan pencegahan covid-19,”  imbuhnya

Ketua Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Jawa Timur yang sekaligus sebagai Dewan Penasehat PT DLU Bambang Haryo Soekartono menyebut, transportasi laut merupakan moda yang tak sekadar sebagai angkutan orang dan barang.

Melainkan bagian dari pembangunan infrastruktur. Alasannya, selain memiliki keunikan, moda transportasi laut ini sangat berbeda dengan angkutan lainnya.

“Sangat strategis sebagai penunjang distribusi orang dan barang di seluruh kepulauan nusantara. Karenanya, transportasi laut yang berbeda dengan transportasi darat ini tidak boleh terputus perannya,” ujar Bambang Haryo Soekartono.

Menyinggung peran PT DLU dalam pencegahan wabah Coronavirus Disease (Covid-19), Bambang menandaskan, perusahaan pelayaran swasta nasional ini jauh lebih melakukan protek membantu pemerintah memerangi pandemi. PT DLU telah menyiapkan diri dalam menghadapi Covid-19, seperti memastikan penguatan sumber daya manusia (SDM) harus sehat dan tersuplai asupan multivitaminnya.

“Pertama adalah kru kapal wajib periksa rutin. Karena, SDM harus sehat dan multivitamin C dan E tetap terjaga, termasuk keberadaan kantor, kami jaga kebersihannya,” urai Bambang.

Ia juga mengungkapkan, mulai kantor pusat hingga seluruh cabang bisa dipastikan SDM-nya tidak ada yang terinfeksi Covid-19. Dari sisi kapal, kru dan penumpang diberi jamu Covid-19 yang terdiri dari minuman racikan jahe, kunir dan sirih, sekaligus penyediaan 500 pasang APD.

Dewan Penasehat PT DLU Bambang Haryo Soekartono

 

 

redaksi
the authorredaksi

Leave a Reply