Kantor Berita Antara
Kerjasama Pimpinan Media Digital Indonesia

Jakarta Fashion Week 2021 digelar daring libatkan 60 perancang busana


Jakarta (ANTARA) – Perhelatan mode tahunan Jakarta Fashion Week 2021 (JFW 2021) dipastikan akan berlangsung pada 26 November-29 November 2020 dengan format 100 persen digital, melibatkan 60 perancang busana.

Sekretaris Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Edy Wardoyo mendukung pemanfaatan teknologi untuk menyelenggarakan acara virtual seperti pada JFW 2021.

“Industri pariwisata dan ekonomi kreatif sangat terdampak akibat pandemi COVID-19, walau begitu kita tetap dituntut tetap berkarya salah satunya memanfaatkan teknologi. Event secara virtual sebagai salah satu cara membangkitkan antuasiasme masyarakat bahwa sebuah event tetap bisa dinikmati,” tutur dia dalam virtual press conference JFW 2021, Kamis.

Dia berharap, kegiatan virtual seperti yang akan dilakukan dalam JFW 2021 bisa memberikan kesempatan pada pelaku event dan ekonomi kreatif kembali bekerja di tengah pandemi COVID-19 sekaligus memperkuat branding pariwisata Indonesia.

“Pandemi jangan menjadikan batasan dalam memberikan inovasi-inovasi baru khususnya di industri kreatif. Kami dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mendorong kepada para pelaku usaha ekonomi kreatif terus bergotong royong dan saling memberikan semangat di masa sulit,” kata Edy.

CEO GCM Group, Svida Alisjahbana, selaku penyelenggara menambahkan, “Untuk pertama kalinya sejak JFW diselenggarakan, JFW 2021 diselenggarakan 100 persen secara virtual, yaitu live stream di microsite JFW.TV yang akan dirilis minggu depan, lalu kanal resmi JFW dan platform para partner yang bekerja sama dengan JFW,” ujar .

Svida mengatakan, nantinya, ada 60 orang perancang serta label busana dari dalam dan luar negeri yang berpartisipasi dalam acara yang juga disiarkan secara live di TikTok ini antara lain Rani Hatta, Jenahara, Restu Anggraini, Tities Sapoetra, Albert Yanuar, Lekat, Cotton Ink, Rinaldy Yuniardi serta pemenang Lomba Perancang Aksesori 2020, Lomba Perancang Mode Menswear 2020, Dewi Fashion Knight dan label Indonesia Fashion Forward.

Baca juga: Jakarta Fashion Week gelar audisi model secara semi-virtual

Selain itu, tiga peringkat teratas ajang Puteri Indonesia 2020 termasuk Ayu Maulida Putri juga akan memeriahkan perhelatan JFW tahun ini. Mereka akan tampil di runaway JFW mengenakan busana rancangan Albert Yanuar.

Perhelatan JFW 2021 nantinya menghadirkan “Tribute to Barli Asmara”, sebagai bentuk penghargaan untuk perancang berbakat Indonesia yang meninggal pada Agustus lalu serta memperkenalkan model asal Surabaya Maria Karina dan Rizal Rama sebagai ikon baru yang terpilih melalui ajang “The Search for Jakarta Fashion Week 2021 Icons”.

Menurut Svida, JFW 2021 mengajak dunia fesyen tidak berhenti berkreasi di tengah pandemi COVID-19 sehingga diharapkan bisa menjadi inspirasi bagi pihak lain. Dia ingin menggandeng para perancang berbakat dan label fesyen untuk mengembangkan fesyen Indonesia dan menjadikan citranya semakin kuat di mata dunia.

Svida memastikan acara yang berlangsung di mal Senayan City, Jakarta itu akan menerapkan protokol kesehatan terkait COVID-19 termasuk menghindari adanya kerumunan.

Baca juga: Jakarta Fashion Week 2021 hadirkan “Tribute to Barli Asmara”

Baca juga: Jakarta Fashion Week 2021 digelar menyesuaikan era “normal baru”

Baca juga: Jakarta Fashion Week luncurkan web series pencarian JFW 2021 Icons

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2020



Source link

Leave A Reply

Your email address will not be published.