Kantor Berita Antara
Kerjasama Pimpinan Media Digital Indonesia

Brabec menangi etape 10, tempel ketat Benavides di klasemen umum


Jakarta (ANTARA) – Juara bertahan Ricky Brabec memenangi etape 10 Reli Dakar yang menempuh rute Neom ke Alula, Arab Saudi pada Rabu dan naik ke peringkat dua klasemen umum.

Pebalap tim Honda itu start kedua hari ini dan mengambil alih pimpinan catatan waktu dari rekan satu timnya Jose Ignacio Cornejo Florimo sejak km 126.

Sang pebalap Amerika Serikat pun tak terkejar hingga menyelesaikan Special Stage sejauh 342km di Alula dalam waktu tiga jam 12 menit 33 detik.

Baca juga: Peterhansel pertahankan pimpinan klasemen, Price kecelakaan di etape 9

Itu merupakan kemenangan etape kali kedua bagi Brabec tahun ini, belum termasuk etape prolog, dan keenam kalinya selama karirnya di Dakar.

Honda hari itu menyapu bersih podium setelah Joan Barreda Port mengklaim runner-up dengan selisih tiga menit 15 detik dan Kevin Benavides di peringkat tiga dengan jarak lima menit 11 detik, demikian laman resmi Dakar.

Tiga pebalap Honda juga menghuni peringkat tiga besar klasemen umum setelah etape 10.

Nacho Cornejo tak lagi menjadi pemimpin klasemen setelah kehilangan waktu 17 menit 42 detik dari Brabec.

Pemuncak baru, Kevin Benavides, kini mengantongi keunggulan 51 detik dari Brabec, yang mengatrol dirinya ke peringkat dua. Sedangkan Cornejo, dengan dua etape tersisa, mengamankan peringkat tiga dengan selisih satu menit tujuh detik setelah sempat terjatuh di km 252.

Baca juga: Cornejo perlebar jarak setelah Price kecelakaan di etape 9

Cornejo dengan sekuat tenaga membawa motornya finis, namun setelah menjalani pemeriksaan teknis sang pebalap Chile terpaksa mengakhiri perjuangannya di Dakar tahun ini dan berharap Brabec dan Benavides meneruskan misi Honda untuk mempertahankan gelar.

Etape yang cukup mengecewakan bagi kubu KTM ketika tak ada pebalap mereka yang naik podium hari ini.

Pebalap privateer Skyler Howes menjadi pebalap KTM tercepat di Alula setelah finis peringkat empat, mengungguli dua pebalap tim pabrikan Matthias Walkner dan rookie Daniel Sanders di enam besar.

Sam Sunderland menjadi tumpuan KTM untuk merebut kembali gelar Dakar tahun ini di saat pebalap Inggris itu menghuni peringkat empat klasemen dengan margin 10 menit setelah finis peringkat delapan hari ini.

KTM harus kehilangan jagoan mereka, Toby Price, yang mengalami patah tulang selangka menyusul kecelakaan di etape 9.

Gunung pasir akan kembali menantang para pebalap di etape penultima yang menempuh rute Alula ke Yanbu dengan Special Stage sejauh 511km, terpanjang di Dakar edisi tahun ini, pada Kamis.

Baca juga: Al-Attiyah klaim etape 8 untuk pangkas jarak dari Peterhansel

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2021



Source link

Leave A Reply

Your email address will not be published.