Presiden Jokowi menghadiri G20 Leaders ‘Summit


Jakarta (ANTARA) – Presiden Joko Widodo pada Sabtu mengikuti G20 Leaders ‘Summit yang diselenggarakan secara virtual melalui video conference dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.

KTT G20 ke-15 diselenggarakan oleh kota Riyadh, Arab Saudi, di bawah kepresidenan negara itu, dari 21 hingga 22 November tahun ini.

Menurut keterangan Biro Pers Sekretariat Presiden yang diterima di Jakarta, Sabtu malam, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan G20 Sherpa Rizal Affandi Lukman dari Indonesia, yang juga merupakan Wakil Menteri Keuangan. Kerja sama ekonomi internasional di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, turut hadir dalam KTT tersebut bersama Presiden Widodo.

Presiden dijadwalkan mengikuti acara pembukaan KTT G20 2020 dan menghadiri sesi ‘Penanganan Pandemi dan Pemulihan Ekonomi dan Pembangunan Lapangan Kerja’.

Dalam sesi tersebut, para pemimpin negara anggota G20 akan membahas langkah-langkah penanganan pandemi COVID-19 di bidang kesehatan dan pemulihan ekonomi global, termasuk pemulihan pasar kerja, perlindungan sosial, dan sistem moneter global.

Mereka juga dijadwalkan membahas perkembangan kesepakatan yang dibuat pada KTT sebelumnya, termasuk dukungan penangguhan utang bagi negara berpenghasilan rendah dan penguatan sistem perdagangan multilateral.

Untuk KTT G20 tahun ini, para pemimpin negara anggota berkumpul selama dua hari untuk membahas langkah-langkah untuk mempromosikan pemulihan global dari pandemi COVID-19.

Berita terkait: Indonesia mencatat pertumbuhan yang lebih baik dari negara G20 lainnya: laporkan

Berita terkait: Indonesia akan dukung kolaborasi dengan G20 melawan COVID-19

Comments (0)
Add Comment