ANTARANEWS.co.id – Bacaan pebisnis dan gaya hidup ini sudah terbit sejak 1979. Maka, diberi anugerah oleh MURI sebagai majalah bisnis pertama yang dianugerahi Museum Rekor Indonesia (MURI).

Sejak Januari 2017 lalu, bersinergi menjadi satu grup dengan majalah MATRA. Tak sekedar urusan efesiensi, tapi sinergitas mengandung mimpi besar. Tak sekedar, ingin terus eksis mengikuti perkembangan jaman, di eranya konvergensi media.

Media ini ingin mengabarkan kepada semua orang, bahwa di tengah hoax dan informasi yang hiruk pikuk, ada media kredibel yang menginpirasi.

Kini majalah cetak, tak hanya terbit di cetak, tapi bisa didapat di digital dan turunannya, termasuk medsosnya. Dikembangkan tim buzzer, dimana “kekuatannya” justru di big data pelanggan. Menjadi kekuatan dari media mainstream semacam majalah eksekutif dan MATRA adalah tokoh-tokoh yang membaca, nara sumber hingga jaringan relasinya.

Majalah eksekutif dan MATRA adalah media yang  legendaris, menyimpan data-data nara sumber orang-orang pilihan. Dimana majalah ini selalu melakukan komunikasi juga interaksi.

Komitmen untuk terus terbit di edisi cetak, tidak terpengaruh dengan adanya rumors “senjakala media cetak.”

Beberapa biro iklan justru kerap menelpon bagian pemasaran, untuk bekerjasama dan memasang iklan. Hanya bedanya, pemasang iklan ingin, produknya juga bisa didapat di media digital untuk menyasar kaum milenial dan generasi Z.

Media cetak, terus terang saja, masih diminati pemasang iklan karena pada umunnya, penentu kebijakan di perusahaan bahkan di bangsa ini, usia 45 tahun ke atas. Mereka masih senang membaca di media cetak.

Majalah cetak, bisa dijadikan goodybag, hadiah souvenir saat perusahaan tersebut ada acara atau ulang tahun. Majalah cetak, dianggap lebih berkelas (ekslusif) untuk ditaruh di ruang tunggu kantor atau kediaman.

Baca Juga:  Multidimensi Atasan

Para pejabat, tokoh masyarakat, termasuk CEO dan pimpinan perusahaan dan pebisnis, masih senang muncul di media cetak. Lebih keren, katanya. Tidak “ombyokan”, seperti yang terjadi di media online (digital). Majalah cetak ada pasarnya tersendiri.

Media cetak dianggap masih lebih kredibel, tokoh-tokohnya yang tampil disaring lewat rapat redaksi, untuk kemudian tulisan dan hasil fotonya dipilih dengan baik.

Maka, eksekutif dan majalah MATRA tetap fokus di cetak. Bahwa, masyarakat di luar negeri lebih memilih klik e-magazine di gramediadigital.com, atau higoapps.com dan myedisi.com, tentu lain cerita.

Untuk digital, majalah eksekutif dan MATRA bisa dibeli di higoapps.com, aplikasi e-magazine ini bisa membeli majalah dengan hanya memotong pulsa telepon atau mekanisme kartu kredit, atau pembayaran e-money lain. Gramediadigital.com (dulugetscoop.com) dan myedisi.com terus melakukan inovasi-inovasi digital.

Kalangan premium (atas dan terpilih), segmen kaum berkelas itu sasaran dari majalah eksekutif dan majalah MATRA yang kini satu grup di PT Usaha Konvergensi Media. Hingga kini, terus dikembangkan eksekutif klub, yang terdiri dari para CEO, kelas General Manager ke atas pejabat hingga mantan pejabat. Tak semua orang bisa gabung di sini, maaf.

Untuk online-nya, majalah eksekutif mengembangkan diri dalam usaha konvergensi online di www.eksekutif.com dan www.eksekutif.id. Sedang majalah MATRA bisa di klik di www.matranews.id. Dari riset, sempat masuk sebagai 10 online bisnis yang terpikir di benak netizen.

“Kami mengakuisi bisnis media cetak yang berkeinginan dengan multiplatform,” ujar S.S Budi Rahardjo, CEO PT Usaha Konvergensi Media (UKM). “Menerima jika ada instansi, atau pihak manapun mau bekerjasama atau bersinergi,” jelasnya di kantor PT UKM di jalan Ampera Raya no 59, Kemang, Jakarta Selatan.

Baca Juga:  Rakor Khusus Fraksi PDIP dengan BPN Se Provinsi DKI Jakarta Mensukseskan Program PTSL

Menurut Jojo, sapaan akrab Budi Rahardjo, PT UKM sendiri telah berhasil menjalankan roda bisnis riset, investigasi dan multimedia sejak 2009. Mekanisme kerja tim bisa dimanapun menggunakan teknologi. “Kami hanya kumpul tiap Selasa, hari lain, kami benar-benar memanfaatkan teknologi, bisa rapat lewat videocall,” ujarnya.

Sukses melakukan standarisasi, filterisasi, serta positioning menjadi startup yang kompetitif. Akan terus mengambil atau mengakuisisi beberapa media digital yang punya kekhususan dan mengajak pihak-pihak lain untuk segera berkolaborasi.

PT UKM yang berdiri sejak 2009 awalnya merupakan startup pembuatan website perusahaan dan konsultan pembuatan buku-buku digital, kini melebarkan sayap dan membentuk akselerasi dalam spektrum lebih detil. Melakukan pembuatan inhouse magazine perusahaan (korporasi) hingga kini.

“Targetnya di 2018 ini, kami melakukan akuisisi pelbagai media cetak, sebagai implementasi diversifikasi bisnis untuk bergerak di bidang media massa cetak,” ujar pria yang punya insting optimis masa depan, bahwa media cetak masih kelihatan bagus dan belum rapuh.

“Tujuannya mengambil momentum pembuktian, bahwa startup asli Indonesia bisa menjadi bagian dari aplikasi yang berkibar di negeri sendiri,” papar Ketua Umum Asosiasi Media Digital Indonesia yang juga Ketua Forum Pimpinan Media Digital ini.

Sedang mengembangkan juga Humasapps, menurut wartawan senior yang socialpreneur ini, dia terus mengembangkan aplikasi mobile karya anak bangsa, dengan sistem canggih mengingat sebuah brand media bagi para humas dan profesi lain.

Sedang mengembangkan aplikasi untuk generasi kekinian yakni Netdigital, sedang menjajaki untuk pembuatan aplikasi financial technology (fintech). Majalah eksekutif dan MATRA juga mengadakan kegiatan off air, tapi lebih kepada yang mengedukasi, seperti membeli pelatihan jurnalistik atau medsos yang baik.

Kegiatan tersebut berlangsung di beberapa kota dan diberikan secara gratis. Bagian dari program CSR majalah eksekutif. Bahwa ada perusahaan yang tergerak, merasa satu visi, misalnya membantu dan kerjasama, tentu saja terus berkembang. Dalam format idealisme.

Baca Juga:  Pembaca Majalah Cetak Ekslusif dan Sudah Memiliki Pasar Tersendiri

 

 

 

 

 

 

 

 

Memiliki tenaga IT profesional, PT UKM itu sendiri, berawal dari perusahaan media konsultan kreatif, kadang membantu public relation, beberapa perusahaan atau orang-orang yang mengalami “gegar” digital.

PT UKM mendalami forensik digital, literasi media dan kampanye online.

Redaksi/Iklan: Jl Ampera Raya no 59, Kemang Jakarta Selatan.

Jika Anda ingin bekerjasama? silahkan hubungi Wa: 0816-1945288

majalah eksekutif cetak sudah tersedia di toko buku di kota Anda

Bisa juga klik ini, untuk edisi cetak majalah eksekutif terbaru

 

1 KOMENTAR

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.