0Tahukah Anda?

Adegan ‘ngapurancang’ Presiden Jokowi, karena beliau sebagai orang Jawa tulen, orang Solo, Jokowi pasti sangat percaya dengan kebenaran nilai-nilai falsafah Jawa ini.

Ngapurancang adalah cara berdiri lelaki Jawa sambil menutupi kemaluannya. Berdiri ngapurancang adalah sebuah sikap yang ajaib. Bersikap takzim (hormat) secara tulus kepada siapa yang kita mau.

Berdiri ngapurancang merupakan sikap standby yang efektif. Saat melakukannya, kedua kaki direnggangkan sedikit dengan beban seimbang.

Istilah Ngapurancang, merupakan istilah yang digunakan untuk menunjuk pada sikap atau posisi berdiri dengan tangan berada di bawah pusar, dengan posisi kaki direnggangkan, disertai dengan sikap santai dan rasa hormat.

Tangan kanan digenggam oleh tangan kiri, serta sedikit menundukkan tangan. Sikap ini memberikan kesan yang tenang pada para pelakunya.

Kebudayaan Jawa memiliki banyak nilai yang bisa diaplikasikan langsung kedalam kehidupan. Salah satunya sikap menghormati orang yang lebih tua yaitu Ngapurancang. Tampak mirip dengan Oshigi, atau cara membungkuk Jepang, Ngapurangcang memiliki makna yang sangat dalam.

Ngapurancang sendiri sikap yang biasa dilakukan orang Jawa dengan berdiri dan meletakkan tangan di bawah pusar untuk menghormati orang yang lebih tua. Anak jaman now, hampir jarang melakukan hal demikian.

Untuk duduk, ngapurancang juga seperti demikian:

baca juga: Majalah eksekutif (cetak) print edisi terbaru – klik ini

Baca Juga:  Tahukah Anda Bedanya Cinema 21 dengan Bioskop XX1?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.