Pesawat kepresidenan Indonesia-1 melakukan pendaratan pertama kali di Bandara Internasional Kertajati, Jawa Barat. Hal itu diabadikan Jokowi dalam video yang diunggah di akun Instagram pribadinya @Jokowi.

Setibanya di apron, Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 Boeing Bussines Jet (BBJ) yang ditumpangi Jokowi disambut dengan ‘Water Salute’.

“Alhamdulillah pendaratan pertama Pesawat Kepresidenan RI di Bandara Internasional Kertajati Jawa Barat berjalan lancar,” kata Jokowi.

Diharapkan Bandara internasional kedua di Jawa Barat setelah Soekarno-Hatta di Tangerang, Banten ini dapat memperlancar arus mudik lebaran. Selain itu Bandara Kertajati juga akan mulai melayani penerbangan komersial.

“Doakan bandara ini sudah dapat melayani arus mudik Lebaran 2018. Kata Menhub kurang lebih tanggal 8 Juni 2018 juga sudah ada penerbangan komersial yang masuk,” lanjut Jokowi.

BIJB Kertajati memiliki luas wilayah penerbangan 1.800 hektare. BIJB memiliki satu landasan terbang atau Run Way sepanjang 3.500 meter dan akan segera ditambah satu landasan lagi. Selain itu, BIJB mampu menampung 5 juta penumpang/tahun dari target pembangunan akhir yaitu 18 juta penumpang/tahun.

Pembangunan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) sedari dulu telah diinisiasi oleh berbagai pihak. Salah satunya adalah adalah disahkannya Peraturan Daerah Provinsi Jawa Barat Nomor 13 Tahun 2010 tentang pembangunan dan pengembangan BIJB dan Kertajati Aerocity.

“Saya ucapkan terima kasih pada Pak Susilo Bambang Yudhoyono, Pak Ahmad Heryawan dan jajarannya yang sudah mencanangkan sejak lebih dari satu dekade lalu. Beliau, keduanya menjadi bagian tidak terpisahkan terwujudnya bandara kebanggaan warga Jawa Barat,” tutup Jokowi.

Turut mendampingi Jokowi dalam penerbangan ke Majalengka yakni Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan dan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko.

Ketibaan pesawat kepresidenan Indonesia-1 di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) berlangsung dramatis, Kamis, 24 Mei 2018. Historical landing di Bandara Kertajati, Kabupaten Majalengka, disambut dengan seremoni water salute.

Baca Juga:  “Radikalisme & Terorisme itu, Jelas Bukan Gerakan Agama."

Di atas bandara dengan luas 1.800 hektare itu, pesawat kepresidenan yang membawa Presiden Joko Widodo dan rombongan untuk melakukan kunjungan kerja selama dua hari mendarat di Bandara Kertajati sekira pukul 09.19 WIB. Jokowi hendak berkunjung ke sejumlah lokasi di Kabupaten Majalengka dan Kuningan.

“Alhamdulillah, tadi kita sudah saksikan pendaratan bersejarah karena ini pendaratan resmi yang pertama pesawat turun di Bandara Internasional Kertajati. Setelah kemarin memang ada percobaan yang telah dilakukan,” ujar Jokowi selepas turun dari pesawat kepresidenan.

Kehadiran bandara terbesar kedua di Indonesia setelah Soekarno-Hatta di sekitar area berkembang Jawa Barat itu diharapkan akan mendukung mobilitas masyarakat di Jawa Barat. Selain itu akan memberikan dampak perekonomian yang baik bagi daerah di sekitarnya.

“Kita berharap Bandara Kertajati di Majalengka, Jawa Barat, ini nantinya betul-betul menjadi sebuah bandara yang bisa memberikan pelayanan kepada seluruh warga Jawa Barat. Dan tentu saja seluruh masyarakat Indonesia yang ingin ke Jawa Barat. Selain itu, kita juga berharap ini ada dampak ekonomi baik di Kabupaten Majalengka maupun di Provinsi Jawa Barat secara keseluruhan,” ucapnya.

Harapan berintegrasi dengan Patimban

Kepala Negara mengatakan, pihaknya menginginkan bandara ini dapat diintegrasikan dengan Pelabuhan Patimban yang berjarak kurang lebih 40 kilometer. Integrasi itu dapat mendukung peningkatan perekonomian di Jawa Barat dengan memberikan kemudahan akses dan pelayanan bagi para investor yang masuk.

“Ini adalah sebuah uji coba yang berhasil, kerja sama antara pemerintah pusat, pemerintah provinsi Jawa Barat, dan perusahaan swasta dalam pembangunan Bandara Kertajati ini. Model-model bisnis ini akan kita kembangkan di daerah lain sehingga percepatan pembangunan betul-betul bisa segera dirasakan masyarakat,” imbuhnya.

Baca Juga:  Kapolri & Kasus Misterius Novel Baswedan Hingga Penganiayaan Wartawan

Penyiraman air ke badan pesawat tersebut merupakan proses ‘Water Salute’, sebagai selebrasi pesawat perdana yang mendarat di Bandara Internasional Jawa Barat Kertajati yang akan segera diresmikan.

Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 Boeing Bussines Jet (BBJ) yang membawa Jokowi, mendarat di Bandara Internasional Majalengka pukul 09.19 WIB, Kamis (24/5/2018).

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.